Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Kamis, 18 April 2019 15:45 WIB
Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim
Kinciakincia.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan potensi bisnis pertandingan game atau esports di Indonesia mencapai US$ 700 juta atau sekitar Rp 9,8 triliun pada 2017. Namun, industri game lokal belum berperan signifikan dan diharapkan bisa bersaing dengan produk negara lain.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
“Banyak peluang bagi anak muda Indonesia untuk masuk ke bisnis esports baik sebagai pengembang ataupun profesi,” ujar dia kepada Katadata di kantornya, Selasa (16/4). Rudiantara mengatakan, industri game berkembang pesat setelah terkoneksi dengan internet. Belum lagi, game mulai dipertandingkan, salah satunya esports. Alhasil game mulai banyak digunakan.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Ia optimistis dengan potensi game di Indonesia. Contohnya, salah satu programmer perusahaan pengembang game asal Perancis, Gameloft merupakan pemuda asal Yogyakarta. Ia berharap, pengembang game lokal bisa diterima dan diminati di negerinya sendiri.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Selain dari sisi bisnis, esports menjadi peluang bagi generasi muda Indonesia untuk berprestasi dalam ajang Asian Games di Hangzhou, Tiongkok pada 2022. Ia mencontohkan, Justin atau yang akrab disapa Jess No Limit merupakan pemain game (gamer) Tanah Air yang menduduki peringkat pertama Top Global Mobile Legends Season 6.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Bahkan, Justin memeroleh pendapatan di luar pertandingan dengan membuat konten YouTube sejak 2017. Akun YouTube Justin pun memiliki 5,3 juta subscriber. “Potensi e-sports sangat besar, berbeda dengan katakanlah lima tahun lalu ketika bermain game menggunakan playstation,” ujar dia.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Industri game memang menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang mendapat prioritas Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Apalagi Asosiasi Game Indonesia (AGI) mencatat, nilai industri game global mencapai US$ 134,9 miliar pada 2018. Sementara industri film box office sekitar US$ 40 miliar dan musik sekitar US$ 19 miliar.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Berdasarkan lembaga analisis data asal Belanda, Newzoo, Indonesia menempati posisi ke 17 dari 100 negara dengan jumlah pendapatan terbesar dari industri video game. Dua peringkat utama diduduki oleh Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) dengan pendapatan US$ 34,4 miliar dan US$ 31,53 miliar.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Sementara pendapatan dari transaksi game di Indonesia US$ 1 miliar atau Rp 12 triliun-13 triliun. Dari jumlah transaksi tersebut hanya sekitar 1 % yang masuk kantong pengembang lokal. “Industri game kita berada dalam posisi yang kritis: pasarnya besar sekali, tapi mayoritas pengeluaran diserap perusahaan asing,” kata Deputi Akses Jaringan dan Permodalan AGI Cipto Adiguno, beberapa waktu lalu.
Sumber: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Putaran Bisnis E-sports Capai Angka Triliun, Peran Lokal Masih Minim: https://kinciakincia.com/berita/4603-putaran-bisnis-esports-capai-angka-triliun-peran-lokal-masih-minim.html
Padahal potensi pasar game dalam negeri begitu besar, mengingat jumlah pengguna atau pemain game sekitar 44 juta pada 2017. Jumlah ini diperkirakan terus bertambah seiring tren pertandingan game atau esports.




Kirim ke Teman jumlah akses: 72 kali Model Cetak  Jadikan PDF

Berita Terkait

Senin, 15 April 2019

5 Atlet Esport Indonesia dengan Pendapatan Tertinggi ditahun 2018

Tahun 2018 menjadi tahun terbaik bagi dunia esport di Indonesia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena ditahun 2018 ini esport dipertandingkan dalam Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia. Beragam game online semakin menujukan eksistensinya dan semakin dikenal oleh masyarakat bahwa game dapat dijadikan sebagai cabang olahraga.Selain itu nama-nama atlet esport Indonesia juga semakin b.....
Senin, 15 April 2019

Pusat Pelatihan Esports Pertama di Indonesia

Pusat pelatihan esports pertama di Indonesia dibuka di kawasan The Breeze BSD, Kabupaten Tangerang. Nantinya, arena yang digawangi NXL eSport Center itu bakal menjadi pusat pelatihan para atlet Sea Games 2019."Ini salah satu tempat yang kami rekomendasikan, pasti. Kan saat kami ajukan tempat, kami memilih yang punya spesifikasi khusus untuk para atlet esports," tutur Eddy Liem, Ketua IESPA (In.....
Minggu, 14 April 2019

Samsung Galaxy A20 Menjadi Standar Baru Samsung

Desain yang diusung mengikuti tren smartphone kekinian. Pada bagian layar misalnya, Samsung menyematkan desain infinity-V atau takik berbentuk huruf "V" sebagai tumpuan kamera depan.Desain ini memungkinkan layar terasa lebih lega karena aspek rasionya 19,5:9.Bagian menarik juga terdapat di bagian bawah. Tak seperti ponsel lain di kelasnya, Samsung berani memasangkan USB-C. Hal itu cuku.....
Selasa, 09 April 2019

Khusus Para Gamer! Ini 10 Kampus Yang Punya Program eSport Terbaik Dunia!

Apakah kamu gemar bermain game, khususnya MOBA dan FPS? Pasti mau dong kuliah di kampus yang ada program eSport atau game?Seiring meningkatnya tren olahraga elektronik atau eSport di dunia, berbagai kampus pun mulai menerapkan program eSport untuk menghasilkan tim Pro Player. Tak cuma di luar negeri, tapi di Indonesia juga ada kampus dan .....
Minggu, 07 April 2019

Whatsapp Bussiness, Aplikasi Tepat Untuk Para Pebisnis

Seiring perkembangan dunia bisnis yang semakin merajalela, kini WhatsApp merilis aplikasi WhatsApp for Business. Perusahan yang diambil alih oleh Facebook ini telah meresmikan WhatsApp Business pada 18 Januari 2018. Aplikasi ini diperuntukkan bagi para pebisnis agar lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna atau pelanggan bisnisnya.Menurut laporan comScore mengenai penggunaan aplikasi W.....

Kirim Informasi Untuk Teman



 


Pasang Iklan Anda
  Jual Beli
1 gr 636.000 564.000
2 gr 1.222.000 1.128.000
2,5 gr 1.507.500 1.410.000
3 gr 1.793.000 1.692.000
4 gr 2.364.000 2.256.000
5 gr 2.990.000 2.820.000
Update Tgl: 00-00-0000 pukul 00:00
Mata Uang Beli Jual
USD 13.540,00 13.575,00
EUR 16.030,00 16.080,00
SGD 10.040,00 10.100,00
JPY 120,10 120,55
AUD 10.375,00 10.410,00
Update Tgl: 14-12-2017 pukul 08:35