Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Rabu, 27 April 2016 17:08 WIB
INDONESIA E-COMMERCE SUMMIT AND EXPO
Presiden Jokowi memperhatikan penjelasan Menkominfo Rudiantara saat membuka Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE), Rabu (27/4).(Foto: JAY/Humas)
Presiden Jokowi memperhatikan penjelasan Menkominfo Rudiantara saat membuka Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE), Rabu (27/4).(Foto: JAY/Humas)
Kinciakincia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan dalam era digital ini perubahannya sangat cepat sekali. Sangat cepat sekali, setiap detik berubah, setiap menit berubah, setiap hari berubah, dan sangat betul-betul sangat cepat sekali.

Presiden mengaku betul-betul kaget waktu masuk ke Silicon Valley. Begitu masuk, kata Presiden, ia merasakan kita tertinggal sangat jauh sekali. Saat itu juga ia memutuskan dalam pikiran saya, pulang ke Indonesia secepat-cepatnya kita harus bergerak.

“Nggak ada waktu lagi. Tidak ada waktu lagi. Kalau nggak kita betul-betul ditinggal,” kata Presiden Jokowi saat resmi membuka acara Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE), di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City Tangerang Selatan, Banten, Rabu 27 April 2016.

Diakui Presiden, ada yang sudah berjalan, seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Blibli, Traveloka, dan minggu kemarin Alibaba sudah masuk. Menurut Presiden, ini menjadi peringatan bagi kita semuanya, bahwa dari luar sudah melihat potensi kita ini besar.

“Potensi digital ekonomi kita ini besar sekali. Oleh sebab itu, ini adalah sebuah peluang, ada opportunity di sini yang harus diisi segera. Nggak apa-apa gabungan dengan, mereka datang dan gabung-gabung menurut saya nggak apa-apa,” tuturnya.

Presiden yang dalam kesempatan itu didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berpesan agar semua sektor ini harus segera diisi, sehingga start up ini betul-betul, dipikir betul, dipikir betul, anggarannya disiapkan betul. Ia membandingkan dengan Thailand, yang tahun depan menyiapkan Rp 7 triliun untuk start up-nya.

“Kita ini juga kalau negara lain sudah berangkat seperti itu, dan kita tidak berani melebihi mereka, saya pastikan, ditinggal. Saya pastikan ditinggal. Dunia persaingan, dunia kompetisi memang kejam, tetapi itu adalah tantangan yang harus kita hadapi. Dan kita harus berani menghadapi,” pesan Presiden Jokowi.

Pasar Digital

Untuk itu, Presiden meminta agar  start up ini diperhatikan. Ia menyebutkan, ada banyak  tadi yang halodoc, kemudian petani TaniHub, limakilo, ada nurbaya inisiatif.

“Ini semuanya diini semua. Harus betul-betul diberikan dorongan betul agar mereka bisa cepat meloncat ke level yang berikutnya. Kalau sudah juga dihubungkan, dicarikan pemodal yang mereka bisa bekerjasama, bisa join, sehingga bisa melangkah kepada level yang lebih atas,” tutur Presiden.

Menurut Presiden, kalau seperti ini diterus-teruskan, nanti mall-mall banyak yang tutup karena sekarang belanja online, diantar ke rumah, ngapain kita ke mall lagi.

“Hati-hati pemilik mall. Iya benar, waktu di Amerika, kemarin di UK (Inggris) juga sama. Mereka berbicaranya itu. Hati-hati dunia ini berubahnya sangat cepat sekali,” ujarnya.

Presiden juga meminta agar e-commerce ini bisa digunakan untuk membantu saudara-saudara kita, utamanya petani yang ingin menjual produknya, nelayan yang ingin menjual produknya, usaha mikro, usaha kecil yang ingin menjual produknya, kemudian produk-produk yang dari kampung, yang dari desa, dari pelosok-pelosok, ini bisa disambungkan dengan aplikasi-aplikasi.

“Saya kira ini akan ada ide-ide baru dari anak-anak muda, generasi muda kita untuk membantu mereka,” kata Presiden Jokowi mengakhiri sambutannya.

Acara Indonesia E-commerce Expo ini ini merupakan forum pertemuan bergengsi para pemangku kepentingan industri e-commerce dengan mengangkat tema The New Digital Energy of Asia.

Acara yang digelar selama tiga hari ini akan menampilkan 72 pembicara dari dalam dan luar negeri, dan diikuti oleh lebih dari 150 exhibitor yang bergerak di bidang e-commerce.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi meletakan telapak tangan pada layar sentuh sebagai tanda peresmian pembukaan IESE kemudian melakukan peninjauan ke sejumlah stan-stan pameran.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Menkominfo Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Gubernur Banten Rano Karno, dan Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia Daniel Tumiwa. (kkc)



Kirim ke Teman jumlah akses: 9.947 kali Model Cetak  Jadikan PDF

Berita Terkait

Rabu, 27 April 2016

Literasi Keuangan, Pemerintah Dorong Warga Miliki Rekening Bank

Pemerintah menjajaki terwujudnya keuangan inklusif yang dimulai dari hal yang sangat mendasar yaitu literasi keuangan masyarakat.“Saat di Belanda (saya) bertemu dengan Ratu Maxima, beliau adalah special adviser untuk PBB di bidang keuangan inklusif,” kata Presiden Jokowi saat memberikan rapat terbatas, Selasa,  26 April 2016 di Jakarta.Disampaikan oleh Presiden bahwa lemba.....
Kamis, 21 April 2016

Kepulauan Mentawai Jadi Proyek Percontohan Desa Digital

Desa Digital diluncurkan pemerintah tujuannya meningkatkan akses keuangan di pedesaan. Proyek percontohan Desa Digital ini merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan pemerintah pusat, daerah, dan desa yang akan diimplementasikan di lima kabupaten. Daerah yang dijadikan percontohan itu adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, Gunung Kidul (Jawa Tengah), Lombok Timur (Nusa Teng.....
Rabu, 20 April 2016

Tahun 2016, 85 Unit Pasar Rakyat Direvitalisasi

Lebih kurang sebanyak 85 unit pasar tradisional sampai akhir tahun ini akan direvitasasi Kementerian Koperasi dan UKM. Setelah direvitalisasi, pasar rakyat ini diharapkan bisa menjadi pusat perdagangan produksi lokal di berbagai daerah.Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta mengatakan, tahun ini sebanyak 65 unit pasar rakyat reguler dan 20 unit di daerah perbat.....
Rabu, 20 April 2016

Cinema XXI di Padang Beroperasi pada Agustus

Tak lama lagi, penggemar film di Kota Padang bisa menikmati film-film laris dan berkualitas yang selama ini sulit didapatkan. Paling tidak, Agustus ini Cinema XXI akan hadir di Plaza Andalas, Padang untuk memuaskan selera sinematis pencinta film.  Menurut Joel Fernandes, Marketing Head Promotion Cinema XXI untuk Ramayana Padang dan Pekanbaru, pihaknya baru serah terima ruangan dengan .....
Selasa, 19 April 2016

OJK Beri Perhatian pada Pembiayaan Sektor Pariwisata

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas dalam pembiayaan. Salah satu bentuk dukungan OJK dalam pariwisata yaitu lewat Indonesia Investment Club.Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK, Dumoly Pardede mengatakan, dalam mendukung pengembangan destinasi pariwisata, khususnya pengembangan 10 destinasi baru, akan direali.....

Kirim Informasi Untuk Teman



 


Pasang Iklan Anda
  Jual Beli
1 gr 636.000 564.000
2 gr 1.222.000 1.128.000
2,5 gr 1.507.500 1.410.000
3 gr 1.793.000 1.692.000
4 gr 2.364.000 2.256.000
5 gr 2.990.000 2.820.000
Update Tgl: 00-00-0000 pukul 00:00
Mata Uang Beli Jual
USD 13.540,00 13.575,00
EUR 16.030,00 16.080,00
SGD 10.040,00 10.100,00
JPY 120,10 120,55
AUD 10.375,00 10.410,00
Update Tgl: 14-12-2017 pukul 08:35