Cara Mudah Menabung Setiap Hari

Kamis, 12 Juni 2014 05:04 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Jika para pebisnis bicara tentang investasi, untuk memperoleh kentungan dalam jumlah yang berlipat ganda, maka dari kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Para prisipnya sama, yaitu sama-sama bisa mengendalikan uang atau pendapatan.

Hal ini dijelakan oleh Konsultan keuangan Nirmala ada kincia-kincia.com Kamis (12/6). "Pada prinspnya menabung sangat mudah, hanya butuh niat dan konsisten. Namun jangan salah dua hal tersebut paling berat lo," ujarnya.

Sekitar 47 % orang Indonesia sudah mulai menabung, sementara hanya 29 % yang taat kepada anggaran belanja yang dibuatnya. Tak bisa dipungkiri banyak yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang untuk menabung. Tidak banyak orang yang mampu menabung setiap hari.

"Ada saja alasan untuk tidak konssten dalam menyisihkan penghasilan. Ingat 'Menyisihkan' bukan Mennyisakan. Menyihna berart masuk dalam anggaran uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Jika menyisakan itu artinya kalau ada sisanya, biasanya uang tidak pernah ada sisanya," tambahnya lagi.

Persoalan terberat hanya tidak disiplin, dikarenaan belum terbiasa untuk menabung setiap hari menjadi sebab orang tidak mudah untuk menabung. Berikut Nimala mengungkapkan tip agar bisa menabung setiap hari.

1. Catat kebiasaan dalam sebulan, dan utamakan prioritas pada anggran.

Mulailah bulan depan untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. "Gunakan buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Jangan kaget kalau ternyata kebiasaan ngopi yang hanya Rp25 ribu per hari atau minggu, sebenarnya bisa mencapai Rp12 juta lebih setahun. Maka berhematlah dengan cara membuat kopi sendiri atau biasakan membawa botol air minum kemanapun pergi.

Bagi wanita anggran kesalon sekali seminggu bisa di 'save' menjadi sekali sebulan itupun untuk yang sangat penting, yang tidak bisa dikejakan sendiri di rumah.

"Jangan beri kesempatan untuk boros, siapkan dana hari tua, dana darurat, dan dana masadepan dengan cara automatic transfer. Menyadari bahwa telah menyiapkan sesuatu untuk masa depan adalah hal yang menyenangkan," ungkapnya.

2. Prioritaskan menabung.

Jadikan menabung sebagai prioritas utama. Tak harus muluk-muluk dengan dana besar. "Misalkan saja cukup dengan Rp10 ribu per hari, jadikan itu kebiasaan sebelum memulai aktivitas apapun. Bisa simpan itu di celengan. Atau jika dirasa ribet, bisa langsung ditabung di awal bulan sebesar Rp300 ribu begitu gajian ke rekening pribadi yang lain dan untuk rekening ini khusus tidak menggunakan ATM," ungkapnya.

3. Tentukan Tanggal

Jika mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat tidak membayar tagihan-tagihan.

4. Bayarlah Utang lebih dahulu.

Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.

5. Jangan remehkan recehan.

Sering mendapat uang kembalian ketika berbelanja, bisa gunakan itu untuk menabung. "Kalau yang ini memang lebih tepatnya disimpan di celengan. Jadi begitu mendapat kembalian ketika membeli sesuatu, simpan itu di celengan. Dijamin tiap hari pasti bisa menabung.

6. Teruskan menabung setelah kredit selesai

Tagihan kredit kredit rumah atau kredit kendaraan, dan kredit yang sdah selesai, teta lanjutkan. "Alihkan kebiasaan itu dengan ke tabungan. Jadi tetap bisa menabung secara rutin, tapa ada rasa terbebani.

7. Tahan Nafsu Belanja

Angan mudah gelap mata jika melihat diskon gede-gedean. Selalu pikir ulang barang yang hendak dibelanjakan haus berdasarkan kebutuhan. "Jangan karena ada promosi, maka jadi borong banyak. Beli barang yang butuhkan saja," tegasnya lagi.

8. Ikut Asuransi

Ikut asuransi selain berguna untuk proteksi, juga untuk berinvestasi. Bisa pilih produk asuransi yang juga memiliki sisi investasi sehingga imbalan hasil yang nantinya akan dapatkan akan berlipat. Lebih baik lagi jika gunakan fasilitas autodebet untuk membayar asuransi ini. Sehingga akan membayar premi secara otomatis.


9. Dapat Uang masukkan CDM

Sekarang di bank-bank sudah banyak tersedia cash deposit machine (CDM). Jadi daripada antri yang panjang untuk menabung di bank, bisa tabung lewat mesin CDM itu.

10. Ikut Arisan

Arisan juga salah satu kiat menabung yang menyenangkan. Namun harus diingat banyak yang mengambil kesempatan berjualan saat arisan.

"Ingat beli yang prioritas, tahan keinginnan belanja. Lipakan mencari alasan pembenaran untuk memuaskan nafsu belanja," ingatnya.

11. Motivasi diri untuk menabung.

Tentukan apa yang diinginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.

"Letakkan gambar yang menunjukkan apa yang impikan di meja kerja, kamar ataupun dompet agar selalu ingat tujuan menabung.

12. Kantongi bonus dan kejutan lainnya
Setiap kali menerima bonus atau hadiah dalam bentuk tunai, langsung masukkan ke rekening tabungan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan reguler, sehingga jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.(kc/dw)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/697-cara-mudah-menabung-setiap-hari.html