Pembukaan Festival Langkisau Meriah

Minggu, 16 April 2017 19:50 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Festival Langkisau sebuah helatan (baralek) masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan resmi dibuka Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni di Pantai Carocok Painan, Minggu (16/4/2017). Ribuan pengunjung hadir menyaksikan alek tahunan ini.

Hendrajoni mengatakan, pada 2017 sekarang kegiatan Festival Langkisau sudah memasuki usia ke-15 tahun. Tanpa terasa kemajuan Pesisir Selatan sudah mengalami peningkatan positif.

"Melalui iven Festival Langkisau itu, tujuan untuk memperkenalkan Pesisir Selatan kepada dunia luar sudah berhasil. Negeri Sejuta Pesona sudah tersohor baik di tingkat lokal, nasional dan internasional," kata Hendrajoni.

Dikatakannya, Festival Langkisau selain untuk promosi, iven ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan setempat yang jatuh tanggal 15 April 2017 yang usianya sudah mencapai ke-69 tahun.

Kemudian seminggu berikutnya 16-22 April diisi dengan serangkaian acara Sumarak Pesisir Selatan, seperti atraksi budaya, kesenian tradisonal, dan berbagai lomba sekaligus pemilihan uda dan uni Kabupaten Pessel sebagai agen promosi wisata.

"Jadi gunanya untuk mempromosikan wisata dan ragam budaya yang ada di Pesisir Selatan," ujarnya

Dia berharap, melalui iven Festival Langkisau masayarakat dapat terhibur serta menambah jumlah wisatawan ke Negeri Sejuta Pesona ini.

Hadir dalam pembukaan tersebut antara lain, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian dan sejumlah OPD dan unsur Forkopinda Kabupaten Pesisir Selatan, instansi vertikal, dan BUMN/D. Tabuh dipukul pertanda Pesisir Selatan telah membuka aleknya selama sepekan.

Zefnihan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan memiliki harapan besar supaya jumlah wisatawan yang datang hendaknya mencapai 30 ribu pengunjung. Namun, harapan itu bukan suatu keniscayaan, karena dia berasumsi dengan banyak iven yang digelar semankin menambah daya tarik pengunjung untuk singgah ke negeri sejuta pesona tersebut.

"Seperti iven sebelumnya, yakni sirkuit voli pantai nasional di Pantai Rangeh Gadang Sago, ada 10 perwakilan provinsi yang ikut, kemudian iven West Sumatera Adventure Offroad juga terdapat 100 lebih peserta. Nah mereka ini merupakan pengunjung di daerah kita," ujarnya.

Zefnihan menyampaikan pembanguna bidang pariwisata merupakan pembangunan yang terintegrasi dimana membutuhkan dorongan dan dukungan semua pihak. Baik Kontribusi dari pemerintah daerah, provinsi serta pusat.

Dalam hal ini, katanya tentu juga tidak lepas dari berbagai promosi seperti promosi yang telah kami lakukan dilokasi Bandara, Spanduk dan Baliho maupun di media masa dan sosial.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan, bahwa Pesisir Selatan yang sudah kaya dengan segala keindahan potensi wisata sangat patut untuk dikembangkan menjadi lebih maju lagi.

Tak salah, bila para Investor baik dalam negeri mampun pihak Asing berminat untuk berinvestasi di industri pariwisata ke Pesisir Selatan.

"Maka dari itu, upaya peningkatanya sangat membutuhkan kerjasama seluruh pihak dan lapisan masyarakat agar tujuan yang dicapai dapat diraih secara maksimal," tutupnya. (MIN)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4203-pembukaan-festival-langkisau-meriah.html