Pemko Padang Imbau Masyarakat Tak Belanja di Pinggir Jalan

Kamis, 16 Februari 2017 06:24 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Perilaku masyarakat yang senang belanja di pinggir jalan salah satu indikator sulitnya menertibkan pedadang kreatif lapangan.

Agar bisa ditata, konsumen dan pembeli diharapkan mendukung kebijakan Pemerintah Kota Padang dalam menata Pasar Raya. Jangan karena perilaku praktis sebagian masyarakat yang suka belanja di pinggir jalan, membuat kota tidak tertata dan terlihat semrawut karena pedagang berjejeran jual dagangan di badan jalan.

Pemandangan tersebut terlihat di seputar Pasar Raya Padang di mana para pedagang memenuhi badan jalan mulai dari Simpang Kandang hingga Permindo. Pemandangan yang sama juga terlihat pada Jalan Sandang Pangan dan Simpang Air Mancur.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal yang sudah berupaya semaksimal mungkin bersama jajarannya dengan pendekatan persuasif. Ia mengimbau masyarakat bisa mengubah perilaku yang ingin berbelanja di pinggir jalan.

"Disebabkan perilaku dari sebagian masyarakat suka belanja di pinggir jalan sehingga susah mengatur para pedagang bahkan telah memakan fasilitas umum untuk jual dagangannya. Pedagang, diharapkan dapat menempati fasilitas yang telah disediakan," ujar Endrizal, Rabu (15/2/2017).

Endrizal mengimbau para pedagang segera memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dari blok-blok yang telah selesai, bisa menampung sekitar 1.700 pedagang untuk jualan sesuai peruntukannya masing-masing.

Peresmian Pasar Raya Padang di rencanakan April 2017 mendatang, Endrizal berharap semua sarana dan prasarana sudah selesai. Apalagi, areal parkir cukup luas untuk menampung masyarakat agar tidak ada lagi macet di kawasan Pasar Raya.

Endrizal menyampaikan, ia tetap komitmen dengan program yang telah digalakkan sejak tahun 2016 lalu, yakni melakukan penataan Pasar Raya Padang. Penataan dilakukan secara persuasif dan berkelanjutan yang intinya tidak ada gejolak dari pedagang.

"Penataan dengan sistem perdagangan modern akan menjadi nilai tambah dan memudahkan para pedagang dan konsumen menuju lokasi tempat belanja nantinya," katanya.

“Jadi tida ada lagi pedagang yang berjualan di pinggir jalan kawasan Pasar Raya mulai dari Simpang Kandang sudah dapat berjualan di lokasi yang telah ditentukan, kita akan menjadikan trotoar dari Simpang Kandang hingga Simpang Mulia seperti di kawasan Permindo,” tambah Endrizal.

Pemko Padang bertekad menjadikan Pasar Raya Padang benar-benar tertib, tertata, indah dan aman. akan mengembalikan kejayaan Pasar Raya Padang seperti dulunya di mana Kota Padang jadi pusat perdagangan di Sumatera Barat. (kkc)



Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/4049-pemko-padang-imbau-masyarakat-tak-belanja-di-pinggir-jalan.html