Sensasi Pepes Ikan Daun Ubi

Jumat, 03 Februari 2017 07:38 WIB

Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Salah satu keistimewaan Sumatera Barat ialah kulinernya yang tiada duanya. Wajar saja jika wisatawan yang berkunjung tidak hanya dimanja oleh destinasi yang menawan, namun membuat kulinernya dirindukan.

Sebagai daerah yang berada di pinggir kawasan pantai, Pesisir Selatan terkenal dengan kekayaan lautnya. Hal ini menyebabkan kuliner lautnya punya daya tarik sendiri bagi siapa saja yang telah mencicipinya.

Salah satunya pepes ikan daun ubi (daun singkong). Daun singkong salah satu bahan masakan yang cukup banyak ditemukan di Indonesia termasuk di Sumbar.

Daun singkong sudah banyak dikenal masyarakat kita sejak dulu sebagai sayuran alternatif pengganti dari kebanyakan sayuran pada umumnya. Bagi yang sudah terbiasa, daun singkong adalah sayuran yang unik, dan bisa memicu selera makan.

Daun singkong biasanya digulai atau dilalap setelah direbus dahulu tentunya. Namun jadi campuran pepes ikan juga tak kalah enaknya.

Dipilih dari daun singkong muda bagian pucuknya, yang digunakan untuk membalut ikan dicampur dengan bumbu rempah dan tentu saja cabai. Membuat pepes ini istimewa bagi penggemar citarasa pedas.

Rempah dari bumbunya meresap dalam balutan ikan membuat ikan begitu empuk setelah di kukus. Di kukus dengan bungkusan daun pisang menambah sedap aroma saat disantap dan pas disajikan dengan nasi putih hangat.

Dalam satu bungkus pepes sudah lengkap lauk dan sayuran. Selain enak juga praktis, bisa dijadikan bekal.

Jika ingin mencicipi pepes istimewa ini? Jangan lewatkan saat berkunjung ke Pantai Carocok Painan. Tak jauh dari sana ada sebuah rumah makan yang letaknya lebih tinggi karena terletak diantar batu-batu cadas di sekitar Pantai Carocok. (kkc)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/3995-sensasi-pepes-ikan-daun-ubi.html