Distro Tangkelek Mampu Bersaing Dengan Produk Luar

Selasa, 26 November 2013 08:29 WIB

Padang, Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Distro anak muda hampir tiap sudut kota Padang bisa ditemui. Namun Distro yang khas Minang kabau namun dengan tetap bergaya anak muda tidak banyak. Inilah yang ditawarkan oleh Distro Tangkelek yang mengusung cinta produk lokal.

"Kalau bersaing dengan produk luar, bisa dikatakan tidak. Karena pasarnya masing-masing. Namun selama ini jumlah pelanggan kami terus meningkat," ujar Fefry Rusji Owner distro Tangkelek pada kinciakincia.com Selasa (26/11).

Ia melihat persaingan terjadi karena kulitas dan kreatifitas. "Untuk brand, produk lokal hanya perlu meningkatkan kualitas dan kreatifitasnya saja. Produk lokal juga banyak yang bagus kualitasnya hanya saja tidak banyak yang tau karena promosinya kurang," tambahnya lagi.

Awalnya usaha distro miliknya ini menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Padang. Ia ingin merubah image baju oleh-oleh yang murahan menjadi baju yang berkualitas setara dengan baju distro.

"Sayang baju oleh-oleh selama ini bahannya kurang bagus dan desainnya amat sangat sederhana, itu ke itu saja. Dengan adanya Tangkelek, kualitasnya bisa lebih baik," ujarnya.

Targetnya baju produksinya bukan saja, sebagai buah tangan namun juga banyak menyimpan kenangan, saat mengunjungi Ranah Minang. Namun kenyataannya berbeda. Target wisatawan melenceng jauh, peminat distronya bukanlah darin para turis lokal dan mancanegara melainkan anak muda.

"Pelanggan kami lebih didominasi mahasiswa. Mereka tertarik dengan desain yang unik khas Minang Kabau dengan bahasa yang menggelitik dan tentunya dengan kulitas baju distro. Sebenarnya ini kabar baik bagi produksi lokal. Artinya peminatnya produk lokal mulai dilirik generasi muda, yang selama ini cendrung memilih produk luar" tuturnya.

Diakunya, untuk menembus target pasar wisatawan sebagai oleh-oleh butuh harga yang lebih rendah lagi. Karena biasanya buah tangan tidak akan dibeli daloam jumlah yang sedikit melainkan beberapa.

"Biasanya buat oleh-oleh pasti belinya tidak satu atau dua. Oleh-oleh yang akan dibagikan pada saudara, kerabat, dan sahabat tentunya dalam jumlah yang tidak sedikit dan butuh buged yang lumayan. Inilah yang membuat mereka memilih baju dengan kualitas biasa," paparnya.

Untuk itu Tangkelek akan mengeluarkan brand baru dengan kualitas bahan dibawah tangkelek namun desain tetap bagus. "Tentu saja harganya juga dibawah harga baju dengan brand 'Tangkelek'," pungkasnya. (kc/wk)


Berita ini dicetak dari: Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
http://kinciakincia.com/berita/14-distro-tangkelek-mampu-bersaing-dengan-produk-luar.html