Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Kamis, 31 Maret 2016 10:41 WIB
Kinciakincia.com - Pada dasarnya setiap orang pasti memilki cara tersendiri dalam mengelola hidupnya, begitu juga dengan hobi. Bicara mengenai hobi, kamu pasti tahu bahwa hobi setiap orang pasti berbeda-beda, meskipun banyak juga yang sama itulah kenapa banyak organisasi atau perkumpulan yang terbentuk dari orang-orang yang memiliki hobi sama.

Disadari atau tidak, jika kamu bagus dalam mengelolanya, hobi memiliki nilai jual yang dapat dijadikan peluang usaha. Karena di zaman sekarang sudah banyak pelaku bisnis yang telah merasakan kesuksesan dari cara mengubah hobinya menjadi sebuah bisnis.

Terlebih lagi jika kamu melakukan suatu pekerjaan yang didasari oleh perasaan suka dari hati, pekerjaan yang sebenarnya berat akan terasa ringan. Itu semua karena kamu melakukannya tanpa merasa terbebani dengan pekerjaan. atau hal-hal yang tak terduga di dalamnya.
 
Untuk itu bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan sekaligus bisa menyalurkan hobi, berikut 6 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis:

1. Ajarkan Hobi yang Anda Sukai

Hal ini merupakan cara termudah untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari hobi. Misalnya kamu gemar bermain piano dan sangat ahli dalam hal itu, maka buatlah kelas kursus bermain piano di rumah atau di tempat-tempat lainnya. Jangan lupa dalam menjalankan bisnis ini kamu harus rutin melakukan perbaikan dan pengembangan diri, agar usahamu semakin berkembang kredibilitas serta penghasilannya.

2. Tentukan Hobi yang Memiliki Nilai Jual dan Paling Anda Sukai

Selain dari hobi yang paling kamu senangi, kriteria penting lainnya hobi tersebut haruslah memiliki nilai jual. Karena sesuai tujuan awal, melalui hobi ini kamu ingin meraup keuntungan.

Misalnya saja kamu mempunyai hobi membuat kue, karena hal ini sudah umum dilakukan banyak orang, untuk alternatifnya agar tetap memanfaatkan hobimu, gunakan jalan lain dengan menjual bahan-bahan maupun alat pendukung untuk membuat kue. Tentunya jika hobi itu benar-benar kegiatan yang kamu sukai, maka sudah pasti kamu sangat paham dengan bahan dan peralatan apa saja yang bagus untuk digunakan. Jadi, mulai sekarang tentukan hobi apa yang paling kamu sukai dan yang terpenting pastikan hal itu bisa jadi peluang bagus untuk berbisnis.

3. Perluas Pengetahuan dan Wawasan Anda

Langkah selanjutnya adalah mengkombinasikan antara keterampilan dan gairah yang kamu miliki. Dengan kata lain, gunakanlah pengetahuan yang kamu miliki untuk mengembangkan hobi tersebut. Misalnya jika kamu memiliki skill bermusik, maka jangan berhenti dalam usaha jasa pelatihannya saja, tetapi cobalah kembangkan dan ciptakan peluang ide bisnis baru seperti membuat studio penyewaan alat musik atau menjual peralatan musik secara online.

Pikirkanlah segala macam hal yang dapat kamu lakukan, setelah itu hubungkan ide-ide tersebut dengan hobi yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan bisnis serta mendatangkan pendapatan yang lebih besar.

4. Ciptakan Brand kamu

Dalam hal ini cobalah memanfaatkan media sosial untuk melakukannya. Sebagai langkah awal, buatlah akun Facebook sebagai sarana media promosi bisnis. Selain itu kamu juga bisa membuat Blog atau situs berbayar yang lebih memenuhi standar untuk memasarkan produk usaha kepada khalayak ramai.

5. Mengenali dengan Baik Target Pasar Anda

Setelah membangun strategi yang efektif dalam menjual, selanjutnya lakukan survei ke beberapa lokasi yang menjadi target pemasaranmu. Dengan berbekal pengetahuan yang baik dalam hobi tersebut, pastinya kamu memahami betul apa yang paling konsumen perlukan saat ini.

Misalnya hobimu ada di bidang seni. Cobalah mencari tahu apa saja yang sedang menjamur di masyarakat dan paling dicari oleh para pecinta seni.

Dengan menentukan target pasar yang baik, arah bisnismu akan semakin jelas dan menjalankannya pun juga semakin mudah.

6. Membangun Komunitas

Bicara mengenai hobi, tentu hal ini sangat erat kaitannya dengan sebuah perkumpulan atau komunitas. Dengan ini jelas bahwa kamu sudah mempunyai jaringan yang bagus untuk berbisnis.

Karena di dalam komunitas terdapat banyak orang yang bisa dijadikan calon konsumen. Selain itu kamu juga bisa memperkaya pengetuhan mengenai mengenai hobi tersebut dan mengikuti perkembangan yang tengah ramai saat ini.

Oleh karenanya mulai sekarang aktif membangun sebuah komunitas dengan cara mempromosikan diri kepada orang-orang yang memiliki minat sama denganmu. Misalnya kamu memiliki hobi di bidang olahraga, maka segeralah bergabung dengan pecinta olahraga lainnya. Setelah itu bangunlah komunitasmu dengan baik dan konsisten, agar dapat menghasilkan sesuatu yang lebih ke depannya.

Sumber: detik.com



Kirim ke Teman jumlah akses: 766 kali Model Cetak  Jadikan PDF

Berita Terkait

Senin, 21 Maret 2016

Sociopreneur: Harapan di Masa Depan

OLEH Fajar Anugerah (Program Manager at Global Entrepreneurship Program Indonesia)Mungkin Anda bingung menemukan sebuah istilah baru yang belakangan mulaitren di media, sociopreneur atau social entrepreneur. Bagaimana kombinasi antara social dan entrepreneur itu? Apakah pengusaha yang berjiwa sosial atau aktivis sosial yang jadi pengusaha?Sebenarnya, .....
Kamis, 17 Maret 2016

Inilah Kunci Sukses Startup yang Didanai Modal Ventura

Kunci sukses perusahaan pemodal ventura adalah bagaimana meningkatkan sukses startup dalam membangun usahanya.Chandra Tjan, Co-Founder & Managing Partner Alpha JWC Ventures, perusahaan pemodal ventura, memberikan sedikit tips bagaimana perusahaannya memberikan pendanaan kepada perusahaan teknologi rintisan (startup). Menurut Chandra, sebagai pemodal ventura, Alpha JWC Ve.....
Senin, 14 Maret 2016

7 Hal Penting Menjadi Pengusaha Sekaliber Bill Gates

Banyak orang ingin sukses dalam berusaha.  Makanya, sosok Bill Gates atau Mark Zuckerberg yang sukses di bisnis teknologi menginspirasi . banyak orang di jagat ini. Kedua orang ini sangat luar biasa.Kendati begitu, siapapun orangnya, dalam membangun usaha pasti memulainya dari nol dulu. Agar bisa berkembang, mereka menyertai segala usahanya dengan niat, kerja keras dan kesungguhan. .....
Kamis, 10 Maret 2016

Inilah 13 Tips Mangkus untuk Memulai Buka Lapak Online

Lima tahun belakangan, bisnis internet kian marak dan terus berkembang. Beragam aplikasi muncul setiap saat. User atau pengguna internet dimanjakan. Bisnis online pun kian diminati. Perkembangan yang demikian pesat itu selain lebih mudah dan efisien secara biaya, bisnis online lebih banyak menghasilkan keuntungan karena konsumennya yang berasal dari berbagai kalangan.Mengetahui bet.....
Minggu, 28 Februari 2016

Mengembangbiakkan Uang Sejuta Rupiah, Mengapa Tidak!

Oleh Ryan FilbertBanyak orang berkecil hati ketika hanya memiliki sedikit uang dan mengurungkan niat berinvestasi sehingga uang yang dimilikinya habis untuk kegiatan konsumtif.Lalu, ada sebuah pertanyaan serius yang ditanyakan kepada saya, "Bila saya memiliki uang sejuta rupiah, apakah saya bisa berinvestasi?"Tidak heran, dewasa ini dengan uang Rp 1 juta, kita masih dapa.....

Kirim Informasi Untuk Teman



 


Pasang Iklan Anda
  Jual Beli
1 gr 660.000 545.000
2 gr 1.220.000 1.090.000
2,5 gr 1.500.000 1.362.500
3 gr 1.780.000 1.635.000
4 gr 2.340.000 2.180.000
5 gr 2.935.000 2.725.000
Update Tgl: 00-00-0000 pukul 00:00
Mata Uang Beli Jual
USD 13.365,00 13.385,00
EUR 15.670,00 15.710,00
SGD 9.760,00 9.800,00
JPY 120,45 120,85
AUD 10.500,00 10.535,00
Update Tgl: 16-08-2017 pukul 04:59