Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Kamis, 10 Maret 2016 12:58 WIB
Inilah tips mangkus untuk memulai lapak online
Inilah tips mangkus untuk memulai lapak online
Kinciakincia.com - Lima tahun belakangan, bisnis internet kian marak dan terus berkembang. Beragam aplikasi muncul setiap saat. User atau pengguna internet dimanjakan. Bisnis online pun kian diminati.

Perkembangan yang demikian pesat itu selain lebih mudah dan efisien secara biaya, bisnis online lebih banyak menghasilkan keuntungan karena konsumennya yang berasal dari berbagai kalangan.

Mengetahui betapa menggiurkannya bisnis online ini, pasti Anda ingin juga menggelutinya?

Sebab siapa yang tahu, ternyata dari hal itulah kesuksesan berusaha muncul. Kendati begitu, satu hal yang harus diperhatikan, jangan menggampangkan segala hal, perlu juga adanya perhitungan dan beberapa peraturan yang harus ditaati dalam berbisnis online.

Selain itu kamu juga harus mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan serta bagaimana langkah-langkah tepat. Nah, berikut 13 tips jitu untuk pemain baru di bisnis online.

1. Internet dan laptop adalah modal utama pelapak online

Jelas langkah pertama dan yang paling utama dalam berbisnis online adalah memiliki media penjualannya, yaitu laptop atau komputer dan dan tentu saja internet. Namun bila media-media tersebut dirasa kurang fleksibel dan kamu tidak punya cukup biaya untuk memilikinya, bisa juga menggunakan smartphone yang mendukung internet.

2. Gunakan situs Jual-beli, sosial media, atau blog gratisan untuk menjual produk

Sosial media, situs jual-beli, atau blog gratisan, bisa Anda jadikan media untuk berjualan. Namun, kalau modal bisnis besar, tidak ada salahnya membeli domain website. Sulit meraih konsumen? Manfaatkan online marketplace. Dengan begitu, konsumen akan mencari online Anda. Bukan sebaliknya.

3. Rutin merawat bisnis online

Media penjualan sudah dipilih. Sekarang fokus pada penampilan mediamu. Untuk melakukannya, unggahlah beberapa foto produk yang kamu jual lengkap dengan deskripsinya. Kamu harus melakukan kegiatan ini dengan rutin agar konsumen tidak bosan melihat lapak bisnismu.

4. Jangan mengambil foto dari bisnis orang lain

Agar bisnis online-mu terlihat orisinil dan berkualitas, upayakan untuk tidak mengunggah foto dari bisnis online orang lain. Karena jika pemiliki foto tersebut tahu kamu memasang fotonya di lapakmu, ia akan protes dan mencibir di kolom komentar tempatmu atau tempatnya. Dan konflik seperti ini tidak bagus jika dilihat konsumen.

5. Deskripsikan Produk dengan jelas, dan jangan pelit untuk memberi diskon

Kepercayaan konsumen itu kode etik penting yang harus diprioritaskan dalam berbisnis. Oleh sebab itu, terbukalah pada setiap kriteria produk penjualanmu. Sebab bisnis online adalah media penjualan, di mana konsumen tidak dapat melihat kondisi produk secara langsung. Jadi deskripsikan secara jelas produk yang kamu jual dengan meliputi merek atau nama, jenis, warna, bentuk, stok, kondisi (bekas atau baru), dan beratnya.

6. Identitas sebagai penjual harus jelas

Penting mencantumkan Identitas dan kontakmu secara lengkap di lapak online. Namun tidak harus membeberkan alamat lengkap atau data diri lainnya. Cukup nama dan kontak yang mudah dihubungi. Alamat lengkap boleh kamu berikan jika ada kesepakatan COD (cash on delivery) saja.

7. Buat cara pembelian yang jelas

Dalam hal ini kamu harus memberitahu pada konsumen agar membayar produk 100 persen baru pesanan dapat dikirim. Dan sertakanlah nomor resi untuk konsumen bila pengiriman sudah dilaksanakan.

8. Jangan setengah hati mengurus lapak bisnis online

Berikutnya promosikan bisnismu dan tunggu bagaimana respons konsumen. Ingat! Selama menunggu respons penjualan, kamu harus menetapkan komitmen untuk selalu fokus dan bersabar selama apapun itu. Karena Jika niatmu hanya setengah hati, bisnismu bisa berhenti di tengah jalan.

9. Jadilah penjual yang jujur

Kejujuran adalah modal utama bagi pebisnis online. Jangan memalsukan aspek apapun dalam produk hanya karena ingin mendapat untung besar. Sebab kepercayaan konsumen adalah kredit utama yang harus kamu prioritaskan.

10. Catat keuangan

Walaupun bisnis Anda laris manis, anehnya uang yang dihasilkan tidak kunjung membuatmu kaya. Karena tanpa disadari siklus keuanganmu hanya berputar untuk modal penjualan saja. Inilah perlunya mencatat keuangan. Karena jika tidak, bagaimana kamu tahu untung rugi penjualanmu?

11. Jalan-jalan ke berbagai tempat

Jalan-jalan bermanfaat tidak hanya untuk silaturahmi dan mempromosikan bisnis saja, tapi juga sebagai kegiatan yang bisa membuat Anda memperoleh info mengenai hal apa saja yang dapat membuatmu mengembangkan produk.

12. Jangan takut berkompetisi dengan pesaing

Semua bisnis selalu memiliki pesaing. Jadi persiapkanlah bisnismu dengan semenarik mungkin agar mampu berkompetisi dengan mereka. Ciptakan inovasi baru terhadap bisnis, agar mengungguli pesaing. Misalnya, bonus atau produk baru.

13. Rutin mengecek lapak bisnis online

Konsumen pada dasarnya senang dengan penjual yang responsif. Jadi sering-seringlah mengawasi notifikasi pada laptop atau smartphone. Dengan begitu Anda akan tahu kapan konsumen datang untuk memberi uang. (kkc)



Kirim ke Teman jumlah akses: 1.831 kali Model Cetak  Jadikan PDF

Berita Terkait

Minggu, 28 Februari 2016

Mengembangbiakkan Uang Sejuta Rupiah, Mengapa Tidak!

Oleh Ryan FilbertBanyak orang berkecil hati ketika hanya memiliki sedikit uang dan mengurungkan niat berinvestasi sehingga uang yang dimilikinya habis untuk kegiatan konsumtif.Lalu, ada sebuah pertanyaan serius yang ditanyakan kepada saya, "Bila saya memiliki uang sejuta rupiah, apakah saya bisa berinvestasi?"Tidak heran, dewasa ini dengan uang Rp 1 juta, kita masih dapa.....
Selasa, 16 Februari 2016

Membuat Coklat Praline, Peluang Usaha Kreatif Ibu Rumah Tangga

Bagi sebagian besar ibu rumah tangga pasti ingin mempunyai penghasilan juga di rumah, bukan hanya untuk mencari tambahan penghasilan bisa juga sebagai ajang menyalurkan hobi, banyak yang bisa Anda lakukan di rumah.Anda bisa memanfaatkan hobi yang Anda bisa sebagai bisnis yang menghasilkan uang, karena penghasilan yang didapat dari menyalurkan hobi akan menjadi kepuasan tersendiri dari seor.....
Rabu, 10 Februari 2016

Beginilah Caranya Agar UKM Punya Legalitas

Usaha kecil menengah (UKM) memiliki potensi sangat besar bagi perekonomian negara kita. UKM merupakan tulang punggung ekonomi, sebab UKM memberi kontribusi besar bagi perkembangan perdagangan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Di Indonesia, ada sekitar 60 juta pelaku bisnis UKM. Bisnis UKM juga merupakan penyumbang donor terbesar bagi produk domestik bruto negara kita.Dari ken.....
Minggu, 07 Februari 2016

Kue Cubit Sentuhan Eropa Beromzet Rp10 Juta Per Bulan

Peluang bisnis waralaba makanan semakin beragam. Pencipta bisnis waralaba makanan harus berpikir ekstra memunculkan ide usaha baru dengan tampilan unik dan nama yang punya nilai jual. Edi Hartono, bersama teman-temannya berhasil menciptakan peluang bisnis waralaba dengan menyulap jajanan tradisional berwujud kue mungil bertekstur empuk menjadi camilan ala Eropa, yaitu kue cubit yang diberi.....
Sabtu, 30 Januari 2016

Inilah Buku Referensi yang Harus Dibaca untuk Jadi Pengusaha Sukses

Dalam bisnis, buku juga memiliki peranan yang cukup penting dalam memunculkan banyak pengusaha sukses. Beberapa pengusaha sukses mendapatkan ilmu berbisnis dari buku yang mereka baca.Buku adalah jendela dunia yang dapat mengantarkan kita pada beragam informasi dan pengetahuan. Buku tentang bisnis kini jumlahnya sudah sangat banyak. Karenanya untuk menjadi pengusaha sukses kamu haru.....

Kirim Informasi Untuk Teman



 


Pasang Iklan Anda
  Jual Beli
1 gr 660.000 545.000
2 gr 1.220.000 1.090.000
2,5 gr 1.500.000 1.362.500
3 gr 1.780.000 1.635.000
4 gr 2.340.000 2.180.000
5 gr 2.935.000 2.725.000
Update Tgl: 00-00-0000 pukul 00:00
Mata Uang Beli Jual
USD 13.365,00 13.385,00
EUR 15.670,00 15.710,00
SGD 9.760,00 9.800,00
JPY 120,45 120,85
AUD 10.500,00 10.535,00
Update Tgl: 16-08-2017 pukul 04:59