Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Rabu, 10 Februari 2016 07:04 WIB
Beginilah Caranya Agar UKM Punya Legalitas
Kinciakincia.com - Usaha kecil menengah (UKM) memiliki potensi sangat besar bagi perekonomian negara kita. UKM merupakan tulang punggung ekonomi, sebab UKM memberi kontribusi besar bagi perkembangan perdagangan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Di Indonesia, ada sekitar 60 juta pelaku bisnis UKM. Bisnis UKM juga merupakan penyumbang donor terbesar bagi produk domestik bruto negara kita.

Dari kenyataan tadi, bisnis UKM bisa menjadi modal utama dalam menghadapi persaingan global. Namun, ada banyak masalah klasik yang kerap menerpa UKM, seperti masalah manajemen dan permodalan. Para pelaku bisnis UKM juga masih banyak yang bingung soal perizinan.

Peraturan Presiden RI Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil menjelaskan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah diperlukan pemberdayaan bagi pelaku UKM. Pemberdayaan itu dengan memberikan izin kepada pelaku usaha mikro dan kecil secara sederhana.

Izin usaha mikro dan kecil (IUMK) merupakan tanda legalitas untuk seseorang berupa izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk hanya satu lembar.

Pada Februari 2015 lalu, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah pengurusan IUMK melalui lurah atau camat. Kebijakan ini ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman tiga menteri, yakni Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Perdagangan, dan Menteri Dalam Negeri.

Bagaimana mengurusnya?

Sebenarnya, mengurus IUMK bagi pelaku bisnis UKM sangat simpel. Pelaku bisnis UKM perlu melampirkan beberapa dokumen untuk mengurus IUMK. Dokumen-dokumen itu, antara lain surat pengantar dari RT dan RW tempat tinggal, soal jenis dan lokasi usaha yang dimiliki. Lalu, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan pas foto. Setelah itu mengisi kelengkapan formulir.

Kemudian, camat yang dapat mandat dari bupati atau wali kota melakukan pemeriksaan berkas pendaftaran IUMK. Kalau sudah memenuhi segala persyaratan, camat sudah bisa mengesahkan dan mengeluarkan IUMK.
Penerbitan satu lembar naskah IUMK dikeluarkan paling lambat satu hari sejak permohonan dijaukan. Tak ada biaya, retribusim atau pungutan dalam mengurus IUMK.

Camat berhak mencabut IUMK, jika ditemukan pelanggaran oleh pelaku bisnis UKM yang tak patuh pada aturan dan aktivitas usaha sesuai dengan IUMK. Bahkan, melanggar dengan memperjualbelikan produk ilegal atau menjalankan bisnis yang bertentangan dengan undang-undang.
Manfaat IUMK

IUMK bukan surat izin biasa untuk bisnis UKM. Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh para pelaku UKM. Apa saja?

1. Mudah jalin kerja sama

IUMK merupakan legalitas bagi pelaku UKM. Dengan IUMK, para pelaku UKM bisa bekerjasama dengan sesama pelaku UKM yang sejenis atau tidak. IUMK merupakan legalitas yang bisa memberikan kepercayaan dan kekuatan sebuah usaha.

2. Legalitas

IUMK adalah bentuk legalitas resmi yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan dapat pengakuan secara sah dari berbagai pihak yang berwenang. IUMK merupakan salah satu wujud kepatuhan pelaku UKM terhadap hukum yang berlaku di negara kita.

3. Sadar pajak

IUMK dapat memberi kesadaran dan mendorong para pelaku bisnis UKM untuk membayar pajak sesuai dengan bidang usaha yang mereka miliki.

4. Mudah akses permodalan

Perbankan mensyaratkan dokumen perizinan resmi. IUMK merupakan dokumen itu. Dengan adanya IUMK, para pelaku bisnis UKM bisa mengakses permodalan di bank maupun nonbank. Para pelaku UKM bisa mengajukan kredit dengan mudah.

5. Perlindungan lokasi usaha

Memegang IUMK, para pelaku bisnis UKM mendapatkan keamanan, kepastian, jaminan hukum, dan perlindungan di lokasi usaha yang ditetapkan. Mereka tidak akan berpindah tempat, tanpa alasan yang tak jelas.

6. Pendampingan dan pengembangan usaha

Terakhir, para pelaku bisnis UKM yang memegang IUMK dapat memperoleh pendampindan dan pengembangan usaha dari instansi terkait. Mereka mendapatkan ruang yang luas sebagai akses untuk mengembangkan bisnisnya. Selain itu, peluang untuk mendapatkan pemberdayaan dari pemerintah dan ikut di program-program bisnis UKM terbuka lebar.

Begitu penting IUMK bagi para pelaku bisnis UKM. Untuk kelancaran bisnis, IUMK ini perlu dibuat dan dipegang baik-baik oleh para pelaku bisnis UKM. Apalagi pemerintah pusat sudah memudahkan pengurusannya.

Sumber: http://www.seputarukm.com




Kirim ke Teman jumlah akses: 1.166 kali Model Cetak  Jadikan PDF

Berita Terkait

Minggu, 07 Februari 2016

Kue Cubit Sentuhan Eropa Beromzet Rp10 Juta Per Bulan

Peluang bisnis waralaba makanan semakin beragam. Pencipta bisnis waralaba makanan harus berpikir ekstra memunculkan ide usaha baru dengan tampilan unik dan nama yang punya nilai jual. Edi Hartono, bersama teman-temannya berhasil menciptakan peluang bisnis waralaba dengan menyulap jajanan tradisional berwujud kue mungil bertekstur empuk menjadi camilan ala Eropa, yaitu kue cubit yang diberi.....
Sabtu, 30 Januari 2016

Inilah Buku Referensi yang Harus Dibaca untuk Jadi Pengusaha Sukses

Dalam bisnis, buku juga memiliki peranan yang cukup penting dalam memunculkan banyak pengusaha sukses. Beberapa pengusaha sukses mendapatkan ilmu berbisnis dari buku yang mereka baca.Buku adalah jendela dunia yang dapat mengantarkan kita pada beragam informasi dan pengetahuan. Buku tentang bisnis kini jumlahnya sudah sangat banyak. Karenanya untuk menjadi pengusaha sukses kamu haru.....
Kamis, 28 Januari 2016

Utang Mempercepat Pertumbuhan Usaha

Memiliki utang bagi kebanyakan pengusaha adalah hal yang wajar. Jika dikelola dengan baik, utang bahkan bisa mempercepat pertumbuhan usaha.Ada dua tujuan utang, yakni untuk mendanai investasi yang bersifat jangka panjang, seperti pembangunan tempat usaha dan pembelian mesin atau alat produksi. Kedua, untuk modal kerja yang bersifat jangka pendek.Nah, bagi pengusaha pemula, ada .....
Minggu, 24 Januari 2016

Simpan Emas untuk Jangka Panjang

Tren harga emas memang tengah merosot. Namun, para analis menyarankan investor yang berhorizon investasi jangka panjang untuk membeli logam mulia tersebut.Risza Bambang,perencana keuangan One Shildt Financial Planning, berpendapat, investor sebaiknya menyesuaikan portofolio investasi dalam lima aspek. Mulai dari profil risiko, horizon investasi, jenis kebutuhan, jenis instrumen investasi, .....
Selasa, 24 November 2015

Pengusaha Vs Karyawan

Saat memutuskan ingin berwirausaha, apakah Anda sudah berpikir dan bertindak layaknya seorang pengusaha? Atau jangan-jangan hanya tampilan luar saja yang ingin terlihat sebagai seorang pengusaha tapi cara berpikir dan bertindak Anda masih seperti seorang karyawan?Pertama, perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa menjadi pengusaha atau karyawan itu sama baiknya. Ini adalah sebuah pilihan dan t.....

Kirim Informasi Untuk Teman



 


Pasang Iklan Anda
  Jual Beli
1 gr 660.000 545.000
2 gr 1.220.000 1.090.000
2,5 gr 1.500.000 1.362.500
3 gr 1.780.000 1.635.000
4 gr 2.340.000 2.180.000
5 gr 2.935.000 2.725.000
Update Tgl: 00-00-0000 pukul 00:00
Mata Uang Beli Jual
USD 13.365,00 13.385,00
EUR 15.670,00 15.710,00
SGD 9.760,00 9.800,00
JPY 120,45 120,85
AUD 10.500,00 10.535,00
Update Tgl: 16-08-2017 pukul 04:59