Kinciakincia.com, Media Online Ekonomi dan Promosi Bisnis - UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Jumat, 05 Februari 2016 08:23 WIB
Makanan unik tradisional khas Indonesia
Makanan unik tradisional khas Indonesia
Kinciakincia.com - Cita rasa makanan modern memang selalu menggugah selera. Cita rasa makanan modern ditunjukkan melalui berbagai cara, mulai dari kecepatan penyajian, tampilan yang memikat serta bahan-bahan impor yang asing di telinga kita. 

Padahal, faktor yang menjadi identitas dari makanan modern itu terkadang kurang bernutrisi. Terutama jika cara penyajian dan pengolahannya yang cepat atau biasa disebut fast food. Tak heran jika makanan modern kerap disebut sebagai junk food atau makanan sampah.

Berbanding terbalik dengan makanan tradisional. Meski tampilannya sederhana, namun makanan jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik. Mereka kerap disajikan dengan penuh sayur mayur berserat tinggi, kombinasi bumbu yang dipikirkan secara matang serta pengolahannya yang benar-benar baik.

Untuk itu, seiring berkembangnya zaman, kesadaran akan makanan sehat pun semakin tinggi. Sehingga kini banyak bermunculan sebuah hidangan yang modern dengan tampilan menarik tapi juga memiliki cia rasa tradisional yang menyehatkan. Seperti paduan makanan unik kombinasi tradisional dan modern berikut ini.

Sebelum menelusurinya, jangan lupa siapkan Kartu Kredit Mastercard Anda ya. Karena siapa tahu ada beragam diskon dan promo yang disediakan oleh restoran-restoran terbaik di kota Anda.

1. Burger Krawu

Anda pecinta burger? Maka Anda wajib mencoba burger unik yang satu ini. Meski burger dikenal sebagai makanan modern asal Eropa. Namun, burger yang satu ini bisa disebut benar-benar asli Indonesia. Biasanya burger dibuat dari roti, daging, keju, mayones, acar, dan saus sambal. Namun, burger dari kota Gresik, Jawa Tengah ini sangat berbeda karena terbuat dari nasi krawu. Tak heran jika makanan ini disebut burger krawu.

Nasi krawu sendiri merupakan menu nasi dengan lauk pauk daging sapi dan serundeng kelapa. Adalah Lailatul Saadah, alias Ela yang pertama kali mencetuskan ide burger krawu ini. Ela yang merupakan mahasiswa D-3 teknik kimia Institut Teknologi 10 November Surabaya ini berinovasi mengemas nasi krawu yang biasa dibungkus dengan daun pisang, menjadi burger praktis dan modern.

Menurut Ela, kuliner tradisional tersebut mewarisi resep, rasa, serta aroma yang khas. Karena nasi krawu mulai kurang peminat terutama kalangan generasi muda, maka ia menciptakan nasi krawu dengan bentuk menyerupai burger. Unik bukan!

2. Sushi Seblak

Siapa yang tak tahu dengan makanan khas Jepang yang bernama sushi. Makanan yang bentuknya mirip dengan lemper di Indonesia ini memang sangat terkenal kelezatannya. Namun, kali ini kami tidak akan membahas makanan sushi original Jepang, melainkan sushi yang telah dikolaborasikan dengan makanan  tradisional. Meski terdengar aneh, sushi yang satu ini ternyata cukup diminati dan membuka khasanah baru kuliner Indonesia.

Namanya sushi seblak. Salah satu rumah makan di kota Bandung SG7 mampu mencuri perhatian dengan mengkombinasikan sushi dengan makanan rakyat, yaitu seblak atau sejenis kerupuk basah atau kerupuk yang digoreng seperti setengah matang dengan campuran cabai serta bumbu dapur lainnya.

Seperti layaknya sushi. Satu gulungan makanan jepang ini terdiri dari pakcoy, wortel, dan nori atau rumput laut untuk menciptakan sensasi lain saat menyantap sushi.  Yang menarik tak hanya menu sushi seblak, restoran ini juga menawarkan sushi original seperti sushi seblak ayam, sushi seblak telur, dan sushi seblak tahu.

3. Spaghetti Telur Asin

Setelah sushi seblak di kota kembang, di Jakarta Selatan juga ada sebuah restoran yang menawarkan menu unggulan, perpaduan makanan tradisioanl dan modern. Jenis makanan unik yang ditawarkan adalah spaghetti telur asin. Unik karena biasanya spaghetti disajikan dengan daging cincang.

Sepintas spaghetti telur asin memang kurang mengundang selera. Tapi jangan menilai sesuatu dari tampilannya karena begitu spaghetti telur asin ini hinggap di mulut, Anda akan merasakan kelezatan dan sensasi lain dari sekedar spaghetti biasa. Kelezatan spaghetti ini sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Telur asinnya pun tidak terasa asin seperti kebanyakan, melainkan gurih. Untuk menyempurnakan kelezatannya, udang berbalut tepung diletakkan di sekitar spaghetti. Tidak ketinggalan cabai merah yang menyertai, sehingga spaghetti menjadi lebih nendang karena rasa pedas.

4. Steak Tahu dan Tempe

Steak sangat terkenal karena berkelas. Terbuat dari daging sapi dengan bumbu yang menggoyang lidah, steak menjadi makanan lezat yang pas disantap saat makan malam. Namun, apa jadinya jika makanan dari daging ini diganti dengan bahan-bahan tradisional seperti tahu dan tempe. Ya, makanan tradisional berbalut modern ini cukup terkenal di kalangan vegetarian dan mereka menghindari daging karena mengidap kolesterol. Dengan bumbu yang lengkap dan racikan pas, rasa tempe dan tahu akan hilang sama sekali. Yang ada hanya rasa steak sapi yang sedap.

5. Soya Foya, Puding Tahu dan Tempe

Makanan olahan yang satu ini juga termasuk turunan dari kacang kedelai yang dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ya, tahu dan tempe ternyata tidak hanya menjadi makanan saat santap besar atau menjadi teman nasi. Tapi juga bisa menjadi bahan untuk makanan modern seperti puding.

Sejumlah chef beberapa kali melakukan uji coba membuat puding dengan bahan tahu dan tempe. Hasilnya sangat luar biasa, benar-benar menghasilkan puding lembut dengan rasa cokelat, stroberi, melon, dan mixed fruits. Tak hanya itu, makanan perpaduan modern dan tradisional ini pun cukup digemari.  Bahkan tak sedikit para chef yang membuat variasi dan inovasi hingga menjadikan puding tahu ini benar-benar menjadi makanan yang spesial.

Itulah beberapa makanan unik kombinasi modern dan tradisional yang menarik untuk dicoba. Nah, bila Anda penyuka makanan sushi, sepertinya Anda wajib menyambangin Sushi Hana. Karena restoran khusus Jepang ini menyediakan diskon hingga 50 persen dan buy 1 get 1 free khusus pengguna Kartu Kredit Bank Mega Promo ini berlangsung hingga 30 April 2016 ya. Jadi pastikan Anda sudah memiliki Kartu Kredit Bank Mega ya! (erha)




Kirim ke Teman jumlah akses: 3.356 kali Model Cetak  Jadikan PDF

Berita Terkait

Selasa, 02 Februari 2016

Kota Payakumbuh Jadi Tuan Rumah Festival Kuliner Masakan Minang

Forum Minang Maimbau (FMM) meminta Kota Payakumbuh menjadi tuan rumah Festival Kuliner Masakan Minang (FKMM) tingkat nasional, akhir 2016 ini. Pengurus FMM  punya obsesi menjadikan masakan Minang sebagai daya tarik kunjungan wisata ke bumi Ranah Minang, Sumatera Barat ke depan. Kegiatan itu bagian dari keikutsertaan FMM dalam memajukan pengembangan kepariwisataan kampung halaman......
Jumat, 22 Januari 2016

"Datuk Siloengkang Coffee": Sajian Lokal, Rasa Global

Kopi memiliki sejarah panjang bagi rakyat di Nusantara ini. Kopi seperti menyandang beban sejarah dan kultural sebagai bangsa yang pernah berabad-abad dijajah Belanda. Untuk itu, mungkin kopi punya makna yang kental. Nyaris semua penjuru Tanah Air punya kenangan kolektif tentang kopi. Kini, modernisasi menuntut kopi jadi salah satu minuman yang melekat pada gaya hidup warga urban perkotaan.....
Rabu, 26 Agustus 2015

Ikan Bilih Singkarak Redam Bilih Medan

Sudah lama danau singkarak terkenal dengan ikan bilihnya. Ikan bilih menjadi kuliner wajib jika mengunjungi Singkarak apalagi pada 3 - 11 Oktober 2015 akan diadakan Tour De Singkarak rasanya Danau Singkarak akan ramai kembali di kunjungi oleh Wisatawan local dan Mancanegara. kan bilih merupakan ikan endemik di kebanggaan warga Sumbar. Ikan dengan nama latin Mystacoleuseus padangensis diolah menjad.....
Rabu, 26 Agustus 2015

Bedakan Bilih Singkarak Dengan Bilih Medan

Ikan Bilih merupakan ikan endemic yang diidentik dengan ikan air tawar Sumatera terkhusus Danau Singkarak. Walaupun demikian ikan bilih setiap danau yang ada di Sumatera ini memiliki ciri khas masing-masing. Saat ini ikan bilih danau singkarak lebih terkenal dari pada danau Maninjau dan Toba. Pembeli maupun penikmat ikan bilih jangan sampai ragu untuk membedakan ikan bili asli dari Singkarak. Beri.....
Rabu, 12 Agustus 2015

Padang Tuan Rumah Festival Kuliner Nusantara 2015

Kota Padang tahun ini sepertinya sedang "laku" untuk menjadi tuan rumah pertemuan dan festival bertaraf nasional maupun internasional. Setelah diberitakan sebelumnya bahwa Kota ini menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara di lingkar Samudera Hindia (IORA) Oktober yang akan datang, tepat satu bulan sebelum itu (September) Padang juga akan jadi tuan rumah dari gelaran Festival Kul.....

Kirim Informasi Untuk Teman



 


Pasang Iklan Anda
  Jual Beli
1 gr 660.000 545.000
2 gr 1.220.000 1.090.000
2,5 gr 1.500.000 1.362.500
3 gr 1.780.000 1.635.000
4 gr 2.340.00 2.180.000
5 gr 2.935.000 2.725.000
Update Tgl: 00-00-0000 pukul 00:00
Mata Uang Beli Jual
USD 13.325,00 13.350,00
EUR 15.740,00 15.790,00
SGD 9.780,00 9.825,00
JPY 121,85 122,35
AUD 10.580,00 10.625,00
Update Tgl: 22-08-2017 pukul 08:14